Minggu, 18 Maret 2012

KERANGKA BERPIKIR

Oleh : Herawati Yuli; Bangil.03-17-2012
Kegiatan belajar mengajar merupakan keseluruhan proses pendidikan di sekolah. Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh perubahan dan pembaharuan dalam segala komponen-komponen pendidikan. Perubahan dan pembaharuan tersebut misalnya kurikulum, sarana dan prasarana, serta metode pengajaran yang digunakan. Segala komponen itulah yang akan mendukung keberhasilan tujuan pendidikan.

Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak didik, akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan. Itu berarti tujuan pembelajaran akan dapat dicapai dengan penggunaan metode yang tepat, sesuai dengan standar keberhasilan yang terpatri didalam suatu tujuan.

Dalam kegiatan belajar mengajar metode dipergunakan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak akan dapat melaksanakan tugasnya bila ia tidak menguasai satupun metode mengajar yang telah dirumuskan dan dikemukakan para ahli psikologi dan pendidikan (Syaiful Bahri, 1991: 72)

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru tidak harus terpaku dengan menggunakan satu metode saja, tetapi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi agar jalannya pengajaran tidak membosankan, tetapi menarik perhatian anak didik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar