Oleh : Herawati Yuli; Bangil.03-17-2012
Kegiatan belajar mengajar merupakan keseluruhan proses pendidikan di
sekolah. Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh perubahan dan
pembaharuan dalam segala komponen-komponen pendidikan. Perubahan dan
pembaharuan tersebut misalnya kurikulum, sarana dan prasarana, serta
metode pengajaran yang digunakan. Segala komponen itulah yang akan
mendukung keberhasilan tujuan pendidikan.
Metode adalah suatu cara
yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode
mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar.
Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak didik, akan ditentukan
oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan.
Itu berarti tujuan pembelajaran akan dapat dicapai dengan penggunaan
metode yang tepat, sesuai dengan standar keberhasilan yang terpatri
didalam suatu tujuan.
Dalam kegiatan belajar mengajar metode
dipergunakan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan
yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Seorang guru tidak akan
dapat melaksanakan tugasnya bila ia tidak menguasai satupun metode
mengajar yang telah dirumuskan dan dikemukakan para ahli psikologi dan
pendidikan (Syaiful Bahri, 1991: 72)
Dalam kegiatan belajar mengajar,
guru tidak harus terpaku dengan menggunakan satu metode saja, tetapi
guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi agar jalannya
pengajaran tidak membosankan, tetapi menarik perhatian anak didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar